Menambahkan No HP dan Email Di Facebook Agar Akun Lebih Aman

0 comments
Beberapa minggu belakangan ini, akun facebook saya mendapat permintaan pertemanan dari beberapa orang. Permintaan pertemanan merupakan hal yang biasa menurut saya, akun siapapun pasti ada saja yang memiliki permintaan pertemanan. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa ada beberapa akun dengan nama yang sama mengajukan permintaan pertemanan di akun saya.


Disini ada dua kemungkinan, yang pertama orang tersebut sengaja membuat beberapa akun dengan tujuan tertentu dan kemungkinan kedua yaitu orang ini mengalami masalah dengan akun facebooknya, misalnya lupa kata sandi atau lupa ID akun facebooknya. Setelah saya telusuri ternyata orang ini hanya mengalami masalah saat masuk ke akun, yaitu lupa kata sandi. Hal ini disebabkan akun yang semula ia buka pada ponsel pertama, telah dikeluarkan tanpa sengaja karena ingin membuka pada ponsel yang lain. Tentu hal ini sangat mengesalkan dan membingungkan apalagi jika akun tadi merupakan akun penting atau akun yang lama dipakai, bisa-bisa teman bisnis atau teman lama pada akun juga susah berkomunikasi dengan kita di facebook. Facebook sendiri sampai saat ini memberikan dua opsi pada bagian ID akun yaitu bisa memakai Email dan No HP.
Dan sekarang timbul pertanyaan mana yang lebih penting Email atau NO HP untuk dijadikan ID di akun facebook. Menurut saya kedua-duanya sama pentingnya tergantung dari pengguna facebook itu sendiri.

  1. Apakah orangnya suka ganti-ganti NO HP atau tidak?
  2. Apakah orangnya pelupa atau tidak?
Jika orangnya adalah yang no.1 sebaiknya menggunakan Email sebagai ID akun facebook.
Jika orangnya seperti no.2 lebih baik memakai NO. HP

Namun disini saya sarankan untuk menggunakan kedua-duanya. Karena Email dan No HP memiliki fungsi ganda tidak hanya sebagai ID akun. Email dalam hal ini saya memakai akun dari google yaitu Gmail.
Gmail bisa dipakai untuk mengakses Play Store,untuk daftar channel youtube dan lain-lain, disisi lain NO HP bia disetting nantinya sebagai pengaman lapis kedua pada akun anda baik akun facebook akun Gmail atau akun yang lain.
Namun jika akun kalian sudah terlanjur tidak memakai NO HP atau Lupa Email yang dipakai, tidak ada jalan lain yaitu membuat akun yang baru.

Bagi teman-teman yang belum mengalaminya, sebaiknya segera menambahkan NO HP dan Pakai Akun Gmail sebagai ID akun. Cara menambahkan No HP dan Email pada akun bisa menggunakan Komputer ataupun Via HP caranya hampir sama hanya tampilannya saja yang berbeda.

Berikut adalah Cara menambahkan kedua opsi tersebut Via HP/Android.


MENAMBAHKAN NO HP DI AKUN FACEBOOK

1. Buka Pengaturan

2. Pilih Keamanan dan login

3. Klik Gunakan autentikasi dua-faktor

4.Klik Mulai

5. Pilih SMS

6. Tambahkan No. HP, kemudian konfirmasi

7. Masukkan Kode Konfirmasi

8.Dan No HP sudah berhasil dipakai sebagai Pengaman Dua Faktor sekaligus sebagai ID Akun Facebook, suatu saat jika teman-teman lupa kata sandi Akun, bisa meminta Konfirmasi pergantian kata sandi facebook ke No HP yang telah didaftarkan.



CATATAN :
No HP sebagai Pengaman Dua faktor artinya jika akun diakses pada perangkat lain, setelah memasukkan ID dan kata sandi tidak bisa langsung ke halaman Facebook melainkan harus memasukkan kode keamanan yang dikirim ke No HP yang didaftarkan, seperti yang terlihat pada gambar dibawah.


No HP sebagai ID Facebook artinya, No HP bisa dipakai untuk mengganti Email pada bagian ID saat akan masuk ke akun



MENAMBAHKAN EMAIL DI AKUN FACEBOOK

1. Buka Pengaturan

2. Pilih Informasi Pribadi
3. Pilih Alamat Email
 4. Klik Tambahkan Email

5. Masukkan Email yang ingin ditambahkan
 6. Klik Konfirmasi Alamat Email
7. Buka email yang didaftarkan, disana akan dikirim kode konfirmasi
Masukkan kode yang diterima di Email di kolom 1, kemudian konfirmasi
8. Sampai disini Email sudah berhasil ditambahkan pada akun

Itulah cara menambahkan Email pada Akun Facebook, hal ini sangat berguna karena selain untuk menjaga keamanan akun dan sebagai ID kedua hal ini bisa dimanfaatkan jika suatu saat teman-teman mengalami kendala yaitu lupa kata sandi akun. Pengaturan ulang kata sandi bisa dilakukan dengan menggunakan email dan juga No HP. Hal ini juga membantu untuk mengurangi banyaknya akun spam di facebook.

Video tutorialnya dapat dilihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar